Pentingnya Manajemen Kepatuhan bagi Perusahaan

Manajemen Kepatuhan berdampak penting bagi perusahaan karena beberapa alasan berikut:

Screenshot

Mengenal Jenis-Jenis Risiko Kepatuhan

Berikut adalah beberapa jenis Risiko Kepatuhan (Compliance Risk):

RISIKO LINGKUNGAN

Potensi kerusakan organisme hidup atau lingkungan yang muncul akibat kegiatan perusahaan.

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

Risiko yang terkait dengan kesehatan dan keselamatan di tempat kerja seperti kecelakaan atau cedera.

PRAKTIK KORUPSI

Potensi praktik korupsi seperti penyuapan atau penipuan. Perusahaan umumnya bertanggung jawab atas tindakan karyawan mereka.

TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Risiko yang disebabkan adanya aktivitas perusahaan yang dapat membahayakan karyawan atau masyarakat di sekitar lokasi perusahaan beroperasi.

KUALITAS PRODUK/LAYANAN

Meluncurkan produk atau layanan berkualitas rendah yang tidak bisa memenuhi standar industri atau melanggar undang-undang dan peraturan. 

RISIKO PROSES

Risiko yang muncul akibat gagal dalam proses yang mengakibatkan pelanggaran hukum, seperti perusahaan tidak bisa memenuhi tanggung jawab kepada pelanggan atau mitra.

image

Kompleksitas Manajemen Kepatuhan

Ketidakpastian yang semakin tinggi dan cepat menyebabkan dikeluarkannya aturan dan regulasi baru yang semakin banyak dan kompleks, sehingga berdampak pada fungsi kepatuhan di organisasi. Karena semakin banyaknya aktivitas kepatuhan, semakin besar pula biaya mengelola kepatuhan dan akhirnya diperhitungkan sebagai biaya dalam menjalankan bisnis.

Di sisi lain, apabila fungsi kepatuhan diabaikan, tidak ada yang memiliki pandangan dari apa yang terjadi di keseluruhan organisasi yang menyebabkan kekurangan pengendalian internal yang tidak teridentifikasi, sehingga peluang bagi munculnya masalah ketidakpatuhan bahkan masalah hukum bagi perusahaan.


 

LANJUTKAN
image

Program CRMS Indonesia: Master Class Compliance Management

Menjawab kebutuhan akan kepatuhan di perusahaan, CRMS Indonesia menyediakan program yang akan membahas konsep dan penerapan kepatuhan secara umum serta integrasinya ke dalam Tata Kelola Risiko Perusahaan.

Dengan mengikuti program ini, para peserta akan memahami dasar dari kepatuhan, peran Direksi dalam kepatuhan, peran kepatuhan dalam Tata Kelola Risiko, peran internal audit dalam kepatuhan, dan self-assessment untuk tingkat kematangan kepatuhan. Selain itu, melalui pembahasan studi kasus dan simulasi, para peserta juga diharapkan akan menguasai konsep kepatuhan dengan praktis.


 

LANJUTKAN

Segera implementasikan Manajemen Kepatuhan
dalam organisasi Anda sebelum terlambat

LIHAT INFO PROGRAM
CRMS Indonesia

CRMS Indonesia is a non-profit organization that is focused on Risk Management education.

CRMS was founded in 2010 with a vision to facilitate and encourage the acceleration of risk management practices in Indonesia through knowledge advancement and sharing initiative.
Reach Us

BANDUNG
Jl. Batununggal Asri No. 18 Bandung 40267
(+62) 22-8730 1035
(+62) 811 22 333 075

JAKARTA
Gedung Tifa Arum Realty, lantai 3, ruang 304
Jl Kuningan Barat No. 26 Jakarta 12170

secretariat@crmsindonesia.org

or visit us at www.crmsindonesia.org
© Copyright 2022 - CRMS Indonesia
Kembali ke atas